Ini adalah artikel lengkap tentang Alat Pemadam Api khusus untuk proteksi kebakakaran di Dapur Anda baik di Restoran maupun Dapur Anda sehingga meminimalisir resiko kerugian dengan memasang Fire Suppression Kitchen | Pemadam Api Untuk Di Dapur secara Otomatis bekerja memadamkan api.

Bagaimana Sistem Pemadam Kebakaran Dapur Bekerja?
Untuk Layanan Perlindungan Kebakaran, dapur pemadam kebakaran api grease
Menurut National Restaurant Association, 57% dari semua kebakaran restoran berasal dari peralatan memasak. Ini berarti bahwa mencegah kebakaran dapur restoran dan kebakaran lemak dapat sesederhana memasang sistem penekan tudung dapur.

Untuk melindungi restoran dan penghuninya, Anda ingin berinvestasi dalam sistem pencegah kebakaran dapur. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana sistem penindasan ini bekerja sehingga Anda dapat dipersiapkan jika terjadi kebakaran darurat restoran.

Apa Manfaat Bangunan dari Sistem Pemadam Kebakaran Dapur?

Sementara sistem pemadaman kebakaran umum di restoran, mereka juga dapat dipasang di gedung apartemen atau bahkan perumahan siswa. Banyak pemilik bangunan komersial merasa bahwa berinvestasi dalam sistem pencegah kebakaran dapur lebih murah daripada memperbaiki kerusakan akibat api dan asap.

Di mana Sistem Pemadaman Kebakaran Dapur Dipasang?
Sistem pencegah kebakaran dapur dapat dirancang untuk melindungi berbagai peralatan dapur, seperti kompor atau alat penggoreng lemak dalam. Nosel untuk sistem pencegah kebakaran dipasang di knalpot kap dapur. Dengan begitu, bahan kimia yang basah akan langsung dibuang ke sumber api.

Bagaimana Sistem Supresi Dapur Hood Bekerja?
Api membutuhkan tiga hal untuk berkembang: oksigen, panas, dan bahan bakar. Setelah sistem mendeteksi kebakaran, nozel di atas alat akan mengeluarkan bahan kimia basah. Bahan kimia basah ini direkayasa untuk dengan cepat memadamkan api dengan menutupi api dan membuatnya kekurangan oksigen. Begitu sistem trip, saluran gas ke alat juga akan segera terputus, mengurangi api bahan bakar.

kitchen fire suppression system

Pendekatan dua cabang ini dengan cepat memadamkan api dapur tanpa memengaruhi stasiun memasak lainnya. Ini berarti Anda tidak akan kehilangan semua makanan yang disiapkan di dapur Anda, hanya makanan yang dibakar dalam api. Karena api menghasilkan banyak asap, kap mesin secara otomatis menyala untuk menghilangkan asap dari dapur Anda. Sistem penekan tudung dapur merespons secara otomatis terhadap kebakaran, yang meminimalkan kerugian.

Apakah Fire Suppression Systems Hanya untuk Dapur?
Sistem pencegah kebakaran dapat mengeluarkan bahan kimia yang berbeda untuk aplikasi yang berbeda. Misalnya, bahan kimia yang berbeda akan digunakan untuk pembakaran lemak daripada untuk kebakaran minyak atau listrik. Pastikan untuk menyewa kontraktor perlindungan kebakaran yang terbiasa dengan jenis sistem yang diperlukan untuk aplikasi Anda.

Apa Manfaat Sistem Pencegah Kebakaran Dapur?
Jauh lebih murah untuk mencegah kebakaran dapur daripada memperbaiki kerusakan struktural setelah kebakaran. Karena alasan ini, banyak pemilik bisnis menghargai keamanan yang berasal dari pemasangan sistem pencegah kebakaran. Anda tidak hanya dapat melindungi penghuni bangunan Anda, tetapi Anda juga membatasi kerusakan akibat kebakaran pada permukaan memasak individu.

Perusahaan perlindungan kebakaran kami berlokasi Palem Cengkareng Jakarta Barat. Jika Anda tertarik dengan layanan instalasi penekan tudung dapur kami, jangan ragu untuk menghubungi kontraktor proteksi kebakaran kami yang berpengalaman.

TAHUKAH Anda bahwa kebakaran lebih banyak terjadi di dapur? Wajan ditinggalkan di atas kompor menyala adalah penyebab terbanyak kebakaran di dapur.

Kebakaran di dapur tidak hanya penyebab utama kebakaran rumah, sebagian besar cedera juga terjadi ketika korban mencoba memadamkan api sendiri. Nah, berikut adalah 10 tips mencegah kebakaran dapur demi keamanan keluarga dan rumah Anda, seperti diulasSheknows.

Tetap di dapur
Kebakaran paling umum diakibatkan makanan ditinggalkan di atas kompor menyala tanpa pengawasan. Jangan meninggalkan dapur saat Anda memasak.

Jika Anda harus meninggalkan dapur, matikan kompor lalu angkat panci atau wajan. Hal ini sama pentingnya jika Anda memasak dengan oven; keluarkan makanan dari oven lalu matikan.

Perhatikan pakaian
Baju berlengan panjang dan terlalu panjang, termasuk celemek, dapat terbakar. Saat memasak, lebih baik kenakan baju lengan pendek atau bila terpaksa memakai baju longgar, gunakan celemek dan ikat dengan kencang.

Waspada barang di sekitar kompor
Lap, sarung tangan oven, bahkan tirai dapur dapat dengan mudah terbakar jika ditempatkan dekat kompor panas. Selalu jauhkan barang-barang yang mudah terbakar dari kompor.

Dan, berhati-hatilah menggunakan lap ataupun sarung tangan ketika memindahkan wajan dari atas kompor. Idealnya, gunakan sarung tangan oven, tetapi jika menggunakan lap, pastikan tidak menjuntai ke bawah dan menyentuh kompor.

Tempatkan alat pemadam kebakaran
Dalam kasus Anda mengalami kebakaran, alat pemadam khusus di rumah dapat menyelamatkan banyak hal dibandingkan Anda tidak memilikinya. Tempatkan alat pemadam kebakaran kecil di atau dekat dapur. Setelah memilikinya, pastikan Anda benar-benar tahu bagaimana cara menggunakannya.

Ganti baterai detektor asap di dapur
Bila Anda memiliki detektor asap di dapur atau di ruangan yang bersebelahan dengan dapur, jangan lupa untuk rutin mengganti baterainya. Direkomendasikan, baterai detektor diganti setiap enam bulan. (ftr)

 SELAIN listrik, kebakaran kerap bersumber dari dapur. Keteledoran ketika menggunakan kompor ternyata dapat menyulut api semakin besar.

Tak seorang pun ingin mengalami tragedi kebakaran di rumahnya. Ketika Anda bisa mencegahnya dengan berbagai upaya, sebisa mungkin lakukan, termasuk untuk di dapur.

Simak tips mencegah kebakaran di dapur, seperti diulasSheknows.

Jangan membuang minyak panas di tong sampah
Jangan pernah membuang minyak panas di tempat sampah. Bahkan jika minyak tidak terbakar, bisa saja menyulut barang-barang yang ada di dalam tempat sampah. Sebaiknya, biarkan minyak dingin lalu tuangkan dalam wadah yang tepat.

Berjaga-jaga bila kebakaran
Meskipun Anda tidak ingin kebakaran terjadi, bersiaplah bila ini terjadi. Hal terbaik yang harus dilakukan jika ada percikan api adalah tutup kompor dengan lap basah. Jangan disiram dengan air, juga jangan pernah mengambil panci terbakar lalu meletakkannya di wastafel.

Cara tersebut tidak hanya mengundang risiko berpindahnya api ke wastafel, juga kemungkinan Anda mengalami luka bakar. Tak kalah penting, jangan gunakan tepung untuk memadamkan api karena hanya akan menyulut api lebih besar, di samping dapur akan jadi berantakan.

Menyusun rencana darurat
Catat nomor telepon pemadam kebakaran. Tak kalah penting, Anda dan keluarga, terutama anak-anak, tahu apa yang harus dilakukan sebelum kebakaran terjadi. Tak ada salahnya mempraktekkan latihan bila terjadi kebakaran.

Berhenti, Jatuhkan, dan berguling
Dalam hal Anda terbakar, jangan lari jika pakaian Anda terbakar. Berhenti di manapun Anda berada, jatuhkan badan ke tanah, lalu bergulung. Cari bantuan untuk Anda mendapatkan perawatan luka bakar.

Jangan ragu menghubungi pemadam kebakaran lokal
Lakukan tips ini, bahkan jika Anda telah berhasil memadamkan api. Lebih baik aman daripada menyesal. Telepon pemadam kebakaran setelah Anda mengendus ada yang tidak beres di dapur. Pastikan Anda telah lebih dahulu menyelamatkan anak-anak. 

Cara Mencegah Kebakaran Dapur Komersial

Bahaya kebakaran pada dapur rumah tangga maupun dapur komersial dapat selalu ada dan bisa terjadi kapan saja dengan cepat dan sulit dikendalikan. Penyebab utama kejadian kebakaran didapur adalah proses memasak dengan laju cedera paling tinggi. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai cara untuk mecegah terjadinya kebakaran dapur komersial khususnya untuk pemilik dapur komersial atau orang-orang yang bekerja disana.

1. Mengambil fire risk assessment

Dalam kasus kebakaran, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika Anda tidak mengetahui cara terbaik  untuk melindungi bisnis Anda, maka Anda perlu mengetahui potensi terjadinya kebakaran dengan fire risk assessment.   Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli, maka ahli  akan mengidentifikasi bahaya yang dapat mengakibatkan kebakaran di tempat Anda dan bagaimana cara untuk mengurangi ancaman bahaya tersebut.

2. Selalu ikuti instruksi alat dari manufaktur

Di dalam dapur, pasti ada banyak peralatan yang berpotensi menyebabkan bahaya jika salah dalam instalasi. Peralatan memasak seperti oven dan penggorengan minyak harus selalu terpasang dalam keadaan baik dan digunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Juga, tidak melakukan  modifikasi ketika dilakukan maintanance. Menjaga peralatan memasak Anda adalah cara bijak untuk memastikan keselamatan di dapur.

3. Berhati-hati dengan penggorengan

Penggorengan minyak dalam, yang biasa digunakan dalam makanan cepat saji dan restoran adalah penyebab umum dari kebakaran dapur yang selama ini terjadi. Ketika api mulai terbakar, dengan sangat cepat api akan menyebar, menyebabkan risiko cedera yang serius dan bahkan kematian. Berhati-hatilah dan jangan pernah meninggalkan  penggorengan jika digunakan tanpa pengawasan. Jika anda tidak ingin mengawasi setiap waktu maka sebaiknya memilih penggorengan dan oven otomatis dimana pada saat temperatur tertentu (telah diatur) telah tercapai, penggorengan akan mati sendiri. Hal ini dapat mengurangi resiko kebakaran

4. Melakukan proteksi kebakaran pasif

Proteksi kebakaran pasif merupakan proteksi yang penting untuk memastikan tata letak dapur yang dapat membantu  Anda mencegah kebakaran serta membantu upaya untuk melindungi daerah aman. Jika api telah terbentuk maka seluruh jaringan listrik dimatikana agar tak menyebabkan kebakaran yang lebih besar.

5. Sistem ventilasi dan ekstraktor

Pada tahun 1997 kebakaran terjadi di sebuah restoran cepat saji di London Heathrow. Api menyebar dari poros ventilasi di atas penggorengan minyak, melalui saluran udara. Karena desain yang buruk dan kurangnya tindakan keselamatan kebakaran, api menyebar melewati sistem ventilasi ke seluruh terminal.

6. Seluruh lantai dijaga bersih dan rapi

Dapur harus dalam keadaan bersih, perhatikan lantai yang harus bersih dari minyak dan lemak. Tumpukan lemak di sekitar kompor dan oven dapat menyebabkan kebakaran. Pembersihan peralatan merupakan cara yang sangat penting untuk mengurangi potensi kebakaran. Semua limbah minyak goreng juga harus dibuang dengan benar dan tidak dibiarkan di tempat selama lebih dari yang diperlukan.

7. Pastikan staff dapur menggunakan pakaian yang tepat

Sekali lagi, di dapur komersial, semua staf harus sudah akrab dengan aturan keselamatan dasar, namun di perusahaan yang lebih kecil mungkin peraturannya kurang ketat. Pakaian longgar sangat tidak dianjurkan saat memasak di dapur, gulunglah lengan pakaian, dan ikat rambut apabila memiliki rambut panjang. Selalu gunakan celemek untuk menjaga pakaian tetap rapi.

8.  Jangan pernah meninggalkan dapur saat memasak tanpa pengawasan

Aturan emas dalam mencegah kebakaran dapur baik domestik dan non-domestik adalah untuk selalu memperhatikan apa yang sedang Anda lakukan. Dengan alasan apapun, masakan yang sedang dimasak tidak boleh ditinggal tanpa pengawasan, sangat penting untuk memerintahkan staff anda mematikan peralatan sebelum meninggalkan dapur. Dan jangan pernah berfikir untuk pergi sebentar saat memasak, lebih baik menunggu sebentar hingga masakan matang dibandingkan harus menyesal nanti.

9. Pastikan tempat dijaga pada malam hari

Ada banyak kegiatan di dapur yang tak terduga dapat terjadi misalnya lupa mematikan oven. Sangat penting, di tiap akhir dilakukan pemeriksaan untuk memastikan semua peralatan memasak telah  benar dimatikan.Idealnya ini akan menjadi tanggung jawab pemilik atau orang terakhir yang meninggalkan dapur  di malam hari.

10. Memiliki alat pemadam kebakaran

Upaya pencegahan kebakaran yang paling utama adalah menyiapkan alat pemadam kebakaran di dapur komersial Anda. Jadi, jika terjadi kebakaran maka api akan dapat segera dipadamkan.

Terdapat banyak produk alat pemadam kebakaran yang cocok untuk dapur komersial maupun dapur rumah tangga diantaranya adalah alat pemadam kebakaran otomatis STARVVO KITCHEN FIRE SUPPRESSION SYSTEM yang bekerja secara otomatis apabila ada kejadian kebakaran maupun terjadinya over heat atau temperatur dapur yang terlalu tinggi. STARVVO KITCHEN FIRE SUPPRESSION SYSTEM menggunakan media pemadam kebakaran Wet Chemical Kelas K yang cocok untuk jenis kebakaran didapur yang diakibatkan oleh minyak dan lemak masakan. STARVVO KITCHEN FIRE SUPPRESSION SYSTEM sudah dilengkapi dengan sensor panas yang bisa ditentukan deteksi suhunya berupa heat controller atau pengatur suhu, panel control udan output alarm sehingga orang-orang disekitar kejadian bisa mengetahui kejadian kebakaran, evakuasi dan diambil langkah pemadaman oleh regu pemadam.

Brosur

 

Daftar Customer

 

INFO LAYANAN

Saatnya bebas berkonsultasi mengenai petunjuk keselamatan kebakaran, efisiensi pemilihan produk fire safety, yang didukung oleh tim ahli dan spesialis engineer terbaik kami, guna memenuhi International Standard NFPA [National Fire Protection Association].

MARKETING OFFICE

Komplek Taman Palem Mutiara Blok A15 No. 27-28
Cengkareng - Jakarta Barat
DKI Jakarta - INDONESIA 15224

TELEPHONE
+62 21-5433 1863

+62 813 852-30013
+62 877 8089-3852
FAXIMILE
+62 21 54355904

EMAIL : anwar [at] gmpro.id

 
HEAD OFFICE

Jl. AMD Manunggal No. 99 Lebak Wangi Tangerang

Banten - INDONESIA 12940

Butuh konsultasi mengenai FM-200 Suppression System?

Silahkan konsultasikan mengenai rencana sistem yang Anda butuhkan, kami akan sajikan efektifitas & efisiensi pemilihan produk yang didukung oleh spesialis engineer terbaik kami, guna memenuhi syarat International Standard NFPA [National Fire Protection Association].

Hubungi Kami